Pengertian dan Fungsi Kabel UTP



Kabel UTP atau Unshielded Twisted Pair merupakan kabel yang digunakan sebagai media transmisi yang digunakan di dalam jaringan LAN (Local Area Network). Kabel ini memiliki rangkaian yang berpilin antara satu dan lainnya serta tidak dilapisi pelindung.


Dengan menggunakan kabel UTP, Anda bisa menghubungkan setiap jaringan komputer melalui jaringan LAN. Pada umumnya, kabel ini memiliki 8 bagian; empat kabel berpilin menjadi satu, dua kabel dihubungkan sebagai penerima dan dua kabel sisanya dihbungkan sebagai pengirim di antara setiap jaringan di dalam komputer.

Jenis Kabel UTP

Untuk kabel UTP standar, spesifikasi khusus yang harus dimiliki adalah EIA/TIA 568. Berdasarkan setiap jenisnya, kabel ini harus disusun sesuai dengan aturan yang ada. Hal ini bertjuan agar kabel tersebut dapat difungsikan dengan baik di dalam LAN. Pada jenis kabel Straight Through, Anda harus memastikan bahwa spesifikasi kabel yang terpasang sama pada ujung satu dan yang lain. Kabel jenis ini umumnya digunakan untuk menghubungkan komponen tertertu seperti switch dan router, PC dan switch, serta PC dan HUB.


Pada jenis kabel UTP Crossover Cable, spesifikasi kabel harus berbeda pada ujung satu dan lainnya. Kabel jenis ini umumnya digunakan untuk menghubungkan PC dan PC, router dan router, switch dan switch, serta HUB dan HUB. Sedangkan pada jenis kabel ke tiga, yaitu kabel Roll Over Cable, penyusunannya harus sesuai dengan aturan; DB-9 adapter dan PC, atau DB-25 adapter dan PC. Kabel jenis ini umumnya digunakan untuk pemasangan modem dengan console cisco router atau console switch manageable.

Fungsi Kabel UTP

Fungsi kabel UTP dapat bermacam – macam sesuai dengan kategori dari kabel itu sendiri dengan uraian sebagai berikut:
  • Kabel Kategori 1 Sebagai Komunikasi Analog

    Fungsi kabel UTP dari kategori pertama ini adalah untuk digunakan sebagai komunikasi analog. Pada kabel kategori pertama ini, kecepatan transfer yang dihasilkan adalah kecepatan yang paling lambat bila dibandingkan dengan kategori kabel lainnya.
  • Kabel Kategori 2 Sebagai Komunikasi Suara Digital dan Data

    Kabel UTP dalam kategori kedua ini memiliki fungsi untuk komunikasi suara secara digital dan menghubungkan transfer data.
  • Kabel Kategori 3 sebagai Protokol

    Dengan menghubungkan kabel UTP ini dengan konfigurasi empat pasang kawat kabel yang berpilin dan dilapisi insulasi pelindung, kabel kategori ketiga ini dapat berfungsi sebagai protocol.
  • Kabel Kategori 4 sebagai Pendukung Jaringan Internet

    Kabel UTP kategori 4 ini memiliki kecepatan yang terhitung lebih cepat sehingga kabel jenis ini dapat mendukung jalannya jaringan internet.
  • Kabel Kategori 5 sebagai Media Transmisi LAN

    Kabel UTP ketegori 5 ini merupakan kategori kabel yang tepat sebagai transmisi LAN. Tanpa kabel kategori ini, Anda tidak bisa menghubungkan komputer dan jaringan LAN secara optimal. Kabel ini akan membantu komputer menyalurkan data dengan lebih lancar.
  • Kabel Kategori 6 sebagai Kabel dengan Jangka Waktu Lebih Panjang

    Kabel UTP kategori 6 merupakan jenis kabel yang dapat berfungsi dalam jangka waktu lebih lama. Para produsen yang menggunakan kabel ketegori 6 ini berani memberikan garansi tahan lama yaki 15 sampai 20 tahun. Selain itu, kabel jenis ini juga dapat mentransfer data dan suara lebih cepat dengan jangka waktu penjalanan fungsi yang cukup lama.
  • Kabel kategori 7 sebagai Kabel untuk Transfer paling Cepat

    Kabel UTP kategori 7 juga sering disebut sebagai kabel Cat.6e oleh beberapa produsennya. Kabel kategori ini merupakan jenis yang tercepat dalam mentransfer data dengan kecepatan hingga 1.000 Mbps dan frekwensi hingga 400 MHz.Pada perusahaan atau perkantoran yang memiliki banyak komputer yang bekerja dalam satu waktu, kabel UTP sangat diperlukan untuk membangun jaringan antara komputer satu dan yang lainnya. Dengan menggunakan kabel ini, hubungan antara komputer dalam menjadi lebih efisien. Melalui jaringan LAN, kantor dapat mentransfer data dari berbagai komputer dengan sangat mudah dan cepat. Sebagian besar kantor dan perusahaan telah menggunakan kabel ini untuk membuat jaringan antar komputer di kantor mereka. Kabel UTP ini sangat membantu untuk pekerjaan yang lebih efektif, efisien, dan juga lebih ekonomis karena harganya yang tak mahal.

Post a Comment

0 Comments