Perbedaan Kabel UTP dan STP Serta Kabel Outdoor



Banyak sekali pengguna #jaringan atau jasa instalasi masih salah dengan perbedaan kabel utp dan stp, padahal ini dapat merugikan client-client mereka atau justru juga menguntungkan dikarenakan dari sisi harga kabel stp jauh lebih mahal ketimbang kabel utp.

Perbedaan Kabel UTP dan STP


Kita juga tahu bahwa kabel utp hanya dapat digunakan didalam ruangan atau indoor karena memang kabel ini hanya terlindung satu jacket dan pasangan kabel masing-masing berpilin. Sedangkan kabel STP pasangan kabel berpilin dibungkus oleh alumunium foil setelah itu baru jacket. Lantas apa kegunaan alumunium foil tersebut ?
Alumunium foil sebenarnya berfungsi untuk menetralkan medan magnet sekitar dan getaran. Contoh kasus, jika pemasangan kabel harus dirapatkan dengan kabel listrik maka gunakanlah kabel STP, atau jika banyak getaran disekitar area kabel maka kabel STP lah yang lebih cocok kita gunakan.
Apakah Kabel STP dapat dijadikan kabel outdoor ?

Perbedaan Kabel UTP Outdoor dan Kabel STP


Inilah yang saya katakan banyak orang masih salah tentang fungsi kabel stp. Untuk pemasangan kabel dioutdoor maka kita dapat menggunakan kabel utp outdoor.
Kabel Outdoor hampir sama dengan kabel utp yang membedakan adalah kabel outdoor memiliki 2 lapis jacket tanpa alumunium foil yang fungsinya memang dikhususkan untuk menahan cuaca, air dan sebagainya. Dari segi harga kabel outdoor jauh lebih mahal dibandingkan kabel stp.

Ada juga jenis kabel stp outdoor, yaitu kabel yang terdiri dari pasangan berpilin setelah itu dibungkus dengan alumunium foil setelah itu dibungkus dengan 2 jacket. Fungsinya jauh lebih bagus untuk outdoor.

Post a Comment

2 Comments


  1. I would like to thank you for the efforts you have put in writing this website. I'm hoping to check out the same high-grade content by you later on as well. In truth, your creative writing abilities has encouraged me to get my very own site now ;) paypal login my account

    ReplyDelete
  2. Gan kalau misalnya kabel UTP di pasang di outdoor jadinya gimana ya?

    Btw makasi infonya bermanfaat

    ReplyDelete