Fungsi Modular jack dan kegunaannya dalam jaringan







Kali ini saya akan menjelaskan fungsi dan kegunaan modular jack atau juga sering disebut keystone jack termasuk rj45 dan rj11.

Pada dasarnya membangun jaringan atau merancang jaringan jika tidak menggunakan modular jack tidak mengapa, karena jika kabel utp atau stp dari port switch langsung ke komputer sudah bisa terkoneksi, hanya saja kita disini lebih membahas ke perancangan struktur ke waktu yang akan datang jika jaringan mau diubah posisi client atau replacement.

Fungsi modular jack adalah sebagai connector female yang dihubungkan dari patch panel ke modular jack dan dari modular jack dihubungkan lagi dengan patch cord untuk disambungkan ke computer, telephone, printer atau wireless router jika diperlukan.
baiklah saya ilustrasikan dengan petunjuk berikut : 

  • kabel utp atau stp diterminasi dengan patch panel menggunakan Punch Down Tool
Pada dasarnya patch panel itu modular jack juga, hanya saja diberi frame untuk dipasang di rack server.
  •  Ujung kabel Utp atau stp di terminasi dengan modular jack dengan punch down tool

    Modular jack pada umumnya dijadikan wallplate atau faceplate dan ada juga yang menyebut outlet data seperti saklar listrik.

  • Port pada modular jack dihubungkan dengan patch cord ke computer, telephone, printer atau wireless router

    jika ingin menghubungkan ke telephone maka gunakan modular jack dan patch cord rj11
Mungkin Anda sedikit sudah mengerti tentang instalasi jaringan menggunakan modular patch panel. jadi bagaimana jika kita tidak menggunakan modular jack atau wallplate ?
mungkin kedepan kita akan kesulitan untuk maintenance, contoh jika computer mau digeser atau dipindah maka kita harus mengganti kabel utp/stp yang sudah ditarik.
Akan tetapi jika menggunakan modular jack atau wallplate yang kita ganti hanya patch cord.

Penjelasan tentang patch panel sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya dan juga patch cord sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya.

Bagi anda yang ingin melihat langsung produk2 networking atau ingin membelinya anda dapat mengunjungi oscablenet

Post a Comment

0 Comments